Minggu, 31 Oktober 2010

Review Jurnal 1

Nama : Eci Mirnawati Harahap

Npm : 10208407

Class : 3EA10

REVIEW JURNAL 1

PENGARUH PRODUK, PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PASAR SWALAYAN INDO RIZKY PURBALINGGA

Perbaikan dan peningkatan kegiatan di bidang pemasaran harus dilaksanakan secara terencana. Atau dengan kata lain, perusahaan harus menentukan strategi pemasaran yang tepat. Perubahan lingkungan perusahaan terutama faktor pesaing yang mampu menghasilkan produk yang sama, menyebabkan banyak perusahaan berorientasi pada konsumen (customer oriented). Perusahaan yang berorientasi pada konsumen hendaknya selalu memikirkan apa yang dibutuhkan oleh konsumen, apa yang diinginkan konsumen, dan pelayanan yang bagaimana disenangi oleh konsumen sehingga konsumen tidak hanya puas, akan tetapi menjadi loyal dan kembali pada tokonya.

§ Pengarang : Mujiroh, 2005, Pengaruh Produk, Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusa Pembelian Konsumen Pada Pasar Swalayan Indo Rizky Purbalingga. Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Ekonomi

§ Latar Belakang Masalah dan Tujuan

Penelitian ini di latar belakangi oleh kehadiran pasar swalayan yang merupakan tuntutan perubahan gaya hidup masyarakat kota dan kondisi semacam ini mencerminkan suatu fenomena yang terjadi bahwa masyarakat menjadi semakin kritis dalam memilih tempat pembelanjaan. Tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh dari faktor produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga.

§ Metodologi

Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidentl berjumalah 105 orang. Teknik ini merupakan teknik pengambilan sampel yang diperoleh dari siapa saja yang kebetulan ada (Sutrisno Hadi,1994:227). Dengan demikian berarti sampel yang diambil merupakan konsumen yang kebetulan berkunjung dan membeli di pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga. Sedangkan Metode ini digunakan untuk memperoleh data metode angket dan wawancara. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan teknik analisis regresi berganda dan dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas yaitu produk, pelayanan, dan lokasi, sedangkan sebagai variabel terikat adalah keputusan pembelian

§ Hasil dan Kesimpulan

yaitu ada pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga. Pengaruh secara simultan sebesar 70,1 % dan secara parsial besarnya pengaruh variabel X1(produk)= 7,73 %, variabel X2(pelayanan)= 27,77 %, dan variabel X3(terhadap keputusan komsumen) sebesar 25,40%. Simpulan ada pengaruh positif antara variabel produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada pasar swalayan Indo Rizky Purbalingga. Berdasarkan hasil analisis parsial dapat disimpulkan bahwa variabel produk sebesar 7,73 %, variabel pelayanan sebesar 27,77 %, dan variabel lokasi sebesar 25,40 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan mempunyai sumbangan parsial terbesar dibandingkan dengan variabel yang lain.

§ Saran

Saran yang dapat diberikan adalah pihak swalayan hendaknya memperhatikan kualitas produk, harga, kelengkapan produk dan jaminan yang ditawarkan sehingga konsumen akan merasa puas. Mengenai lokasi hendaknya disediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kelancaran konsumen dalam berbelanja. Mengenai pelayanan, hendaknya lebih diperhatikan terutama unsur kecepatan, ketepatan, keamanan, keramahan, dan kenyamanan karena variabel pelayanan mempunyai pengaruh terbesar dalam keputusan pembelian di pasar swalayan Indo Rizky

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites