Jumat, 14 Januari 2011

BAB V PENUTUP

BAB V
PENUTUP

5.1 Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Ada pengaruh positif antara variabel produk, pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada pasar swalayan Alfamidi Cabang Bintara. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan di peroleh Fhitung 79,053 pada taraf signifikansi 5 % (Ftabel = 3,0864). Dengan demikian Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Sedangkan sumbangan yang diberikan variabel yang diteliti sebesar 70,1 % dan sisanya 29,9 % dipengaruhi oleh variabel lain selain produk, pelayanan, dan lokasi.
2. Berdasarkan hasil analisis parsial dapat disimpulkan bahwa variabel produk sebesar 7,73 %, variabel pelayanan sebesar 27,77 %, dan variabel lokasi sebesar 25,40 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan mempunyai sumbangan parsial terbesar dibandingkan dengan variabel yang lain.

5.2 Saran-saran
1. Mengenai produk yang dijual, hendaknya tetap memperhatikan kelengkapan produk, kualitas produk, dan jaminan sehingga konsumen tetap memilih pasar swalayan Alfamidi Cabang Bintara dalam keputusan pembeliannya
2. Mengenai pelayanan, hendaknya lebih diperhatikan karena variabel pelayanan yang mempunyai pengaruh terbesar dalam keputusan pembelian. Hendaknya mutu pelayanan lebih ditingkatkan dengan cara mengutamakan unsur kecepatan, ketepatan, keamanan, keramahan, dan kenyamanan sehingga konsumen merasa puas dan merasa dihargai.
3. Mengenai lokasi, hendaknya disediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kelancaran konsumen dalam berbelanja seperti ATM, Wartel dan sebagainya.


DAFTAR PUSTAKA
 Bahktiar. 2005. “Analisis fenomena yang terjadi pad kualitas swalayan (studi kasus Swalayan di Lhoksumawe)”. Jurnal Sistem Teknik Industri. Vol.7, No.1. Universitas Malikusalleh Lhoksumawe.
 Kaihatu, Stefanus ,Thomas. 2008. “Analisa Kesenjangan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.10, No.1, Universitas Kristen Petra Fakultas Ekonomi. Surabaya.
 Mujiroh. 2005. “Pengaruh Produk, Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusa Pembelian Konsumen Pada Pasar Swalayan Indo Rizky Purbalingga”. Junal Ilmu Sosial Ekonomi. Semarang.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites